Archive for July, 2008

h1

Mengeluh karena sakit?

Jpm7000000pmWed, 23 Jul 2008 20:41:59 +000008 1, 2008

Pernahkah kita mengeluh lantaran kita jatuh sakit? Hmm, mungkin sering. baik secara sadar maupun tidak sadar. Ketika jatuh, terluka, tergores, ataupun ketika mengalami suatu penyakit, kita sering mengeluhkan. Kapan sih sembuhnya? Duh, kok lama banget sakitnya? Perih deh! Dan ungkapan-ungkapan berisi keluhan lainnya. Tapi, pernahkan kita bayangkan..seandainya tidak ada satupun saraf sensoris rasa sakit di tubuh kita? Alhamdulillah, gw disadarkan sewaktu baca postingan di bawah ini. Secara gw juga suka mengeluh klo lagi sakit, hehehe..Thanks Allah!

————————

Ada yang nonton acara reality show Oprah Winfrey, hari Sabtu 9 Sept 2006 yang lalu di MetroTV ? Pada acara tersebut ditampilkan seorang gadis mungil berusia 5 tahun, asal USA, mengenakan kacamata plastik (mirip kacamata renang), lucu, manis, secara fisik terlihat normal (agak gemuk), dan berperilaku seperti anak-anak seusianya pada umumnya. Hanya saja, si gadis kecil ini mengidap suatu penyakit bawaan sejak lahir yang sangat langka, yaitu tidak memiliki rasa sakit (tidak memiliki syaraf rasa sakit) di sekujur tubuhnya. Sejak bayi, si kecil jarang rewel, atau menangis. Hanya terkadang suhu badannya yang menghangat.

Penyakit bawaan yang diderita si kecil itupun baru diketahui (kalau tidak salah) ketika sang bocah mencolok-colok matanya karena gatal, dan tidak menangis kesakitan. Hanya saja darah tetap mengalir keluar. Akibat kejadian tersebut, satu matanya menjadi buta. Setelah kejadian itu, barulah dikenakan kacamata khusus untuk melindunginya. Pernah suatu ketika, ketika gigi si kecil sudah tumbuh, saat kedua orangtuanya agak lengah, si kecil sedang asyik menggigit-gigit jari tangannya sendiri hingga hancur. Tentu saja si kecil tidak tetap tenang karena sama sekali tidak merasakan sakit. Sebagai pencegahan, akhirnya diputuskan untuk mencabut semua giginya, tanpa sisa. Terutama sebagai pencegahan agar dia tidak sampai mengunyah lidahnya sendiri karena akan dianggap sebagai permen karet!!

Karena kejadian-kejadian itulah, si kecil mendapat ‘perhatian dan pengawasan extra’ dari seluruh anggota keluarganya (kedua orang tuanya dan sang kakak). Karena dia telah kehilangan sensitifitas akan adanya bahaya-bahaya yang bisa menimpanya, hingga kini.

Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

Dan kita kembali merenungi dan mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan Allah Subhanahu wata’ala kepada kita serta meyakini bahwa segala ciptaan dan pemberian Allah Subhanahu wata’ala adalah tidak sia-sia. Termasuk rasa sakit yang seringkali kita tidak sabar untuk menghadapinya.

“Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, peliharalah kami dari siksa neraka”

Advertisements
h1

Blood Type

Jpm7000000pmWed, 23 Jul 2008 20:06:43 +000008 1, 2008

Akhir-akhir ini gw melihat banyak orang post tentang tipe orang berdasarkan golongan darah (ternyata ada versi komiknya)…yah, postingan di bawah ini juga gw forward. Silahkan dicocokkan..hehehe

Golongan Darah: A, B, O, AB

 

Di Jepang, ramalan ttg seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak?      

SIFAT SECARA UMUM    
A 
terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (krn perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan politik: “destra”  
B 
nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: “sinistra” 
O 
berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: “centro” 
AB 
unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik 

BERDASARKAN URUTAN 

Yg paling gampang ngaret soal waktu
1 B (krn nyantai terus)
2 O (krn flamboyan)
3 AB (krn gampang ganti program)
4 A (krn gagal dalam disiplin)
 
Yg paling susah mentolerir kesalahan org :
1 A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2 B (krn easy going tapi juga easy judging)
3 AB (krn asal beda)
4 O (easy judging tapi juga easy pardoning)
 
Yg paling bisa dipercaya :
1 A (krn konsisten dan taat hukum)
2 O (demi menjaga balance)
3 B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4 AB (mudah ganti frame of reference)
 
Yg paling disukai utk jadi teman :
1 O (orangnya sportif)
2 A (selalu on time dan persis)
3 AB (kreatif)
4 B (tergantung mood)
 
Kebalikannya, teman yg paling disebelin/tidak disukai:
1 B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2 AB (double standard)
3 A (terlalu taat dan scrupulous)
4 O (sulit mengalah)
 

MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN  

 

Yg paling mudah kesasar/tersesat
1 B
2 A
3 O
4 AB
 
Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga: 
1 O (jago olah raga)
2 A (persis dan matematis)
3 B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergoldar B)
4 AB (alergi pada setiap jenis olah raga)
 
Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin
1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
2 A (krn berpribadi “minute” dan teliti)
3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko) 
 
Yg jadi PM jepang rata2 bergolongan darah
1 O (berjiwa pemimpin)

Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya
bergol darah : B
 
Yg paling gampang nabung :
1 A (suka menghitung bunga bank)
2 O (suka melihat prospek)
3 AB (menabung krn punya proyek)
4 B (baru menabung kalau punya uang banyak)
 
Yg paling kuat ingatannya 
1 O
2 AB
3 A
4 B
 
Yg paling cocok jadi MC :
1 A (kaya planner berjalan)
 
 

 

 

 

 

 

MENYANGKUT KESEHATAN  

Yg paling panjang umur : 
1 O (gak gampang stress, antibodynya paling joss!)
2 A (hidup teratur)
3 B (mudah cari kompensasi stress)
4 AB (amburadul) 
 
Yg paling gampang gendut
1 O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2 B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3 A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4 AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)
 
  
Paling gampang digigit nyamuk :
O (darahnya manis) 
Yg paling gampang flu/demam/batuk/pilek
1 A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2 AB (lemah thd hygiene)
3 O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4 B (makan, tidur nggak teratur)
 
  
Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta :
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an)
 
A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)  
B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso dsb)
AB (hobby mencicipi semua masakan, “aji mumpung”)
 
Yg paling cepat botak :
1 O
2 B
3 A
4 AB
 
  
Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
1 B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2 AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3 A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4 O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)
 
Yg paling cepet tertidur
1 B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
 
2 O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah ken ngantuk)
3 AB (tergantung kehendak)
4 A (tergantung aturan dan orario)
 
  
Penyakit yg mudah menyerang :
A (stress, majenun/linglung)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
 
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)  
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget) 
Apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat :
A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius) 
B (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur)  
O (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
AB (Krn gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).
 
  
Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)  
1 A
2 B
3 O
4 AB
 
 

 

 

 

h1

OSCE KKD, It’s really about the skill

Jpm7000000pmTue, 15 Jul 2008 20:07:34 +000008 1, 2008

“Skill is about Repetition”

Kalimat tersebut yang sebulan terakhir ini sering gw dengar di angkatan gw 2005 tercinta. Apa pasal?

Yap, tepatnya kemaren dan hari ini, angkatan gw sebagai angkatan pertama Kurikulum Fakultas (Kurfak) 2005 yang menggunakan KBK ini melaksanakan suatu ujian keterampilan klinik dasar (OSCE KKD) terintegrasi. “Terintegrasi” artinya lo harus tanganin suatu pasien secara menyeluruh, mulai dari anamnesis penyakitnya, pemeriksaan fisik yang berhubungan dengan dugaan, serta penggunaan prosedur alat-alat medis, dan semua itu akan dinilai oleh penguji dokter spesialis atau konsulen bagian terkait.

Huehehe, dari pertama dengar kita bakal ujian kayak gitu, gw udah was-was bin panik. Berapa puluh materi KKD yg udah kita dapet dari tingkat awal harus diulang n dibaca kembali. Maka, temen2 angkatan pun mulai rame. Ada yg langsung bikin kelompok belajar, ada yg mulai ngumpulin materinya (dibikin buku jadi 2 jilid tebel lhoo), ada yg masih sibuk dengan organisasinya (gw termasuk nih), n ada juga yang cuek beybeh. Dan jargon yang paling beredar di angkatan, kalimat “skill is about repetition” itu. Keterampilan adalah pengulangan. Ngulang, ngulang, n ngulang lagi sampe lo ahli. Bener juga sih, tapi dulu gw anggap enteng kalimat itu.

Dan sekarang baru berasa!!

Read the rest of this entry ?

h1

Cowok Kurang Inisiatif

Jpm7000000pmSat, 12 Jul 2008 14:43:24 +000008 1, 2008

Hffhhh, ada apa dengan cowok-cowok ini??

Cowok-cowok di Indonesia? Hm, sepertinya terlalu hiperbol

Cowok-cowok di Jakarta? Sepertinya juga terlalu menggeneralisir

Cowok-cowok di FKUI? Hm, not all of them actually..

OK, i will say..some of them, have lack of initiative ideas!

Waduh, gw juga gak tahu deh..tapi yg pasti gw (sebenernya beberapa cewek di kampus) dibikin pusing tujuh keliling ama tipe cowok satu ini. Bukan nape-nape sodara-sodara, tapi ini demi kelangsungan hidup umat manusia!! *halah, berlebihan sekalee*

“Eh, lo dah ngirim tugas makalah kelompok kemaren ke email dosennya gak? Hari ini dikumpulin lho”

“Heh? gw belum ngirim, lo gak nyuruh gw sih”

“Waduhh, secara makalahnya ada di elo, gimana sih?” *nepuk jidat*

“Lo gak bawa kamera nih buat dokumentasiin survey kita hari ini? Beberapa harus ada yg difoto”

“Gw bawa kok di tas, lo gak bilang harus dipotret, jadinya gak gw keluarin nih”

“Daritadi keekk…”*fiiuhhh*

-di atas ini hanya beberapa contoh kok-

Ini-itu, Itu-ini, ini-ini, itu-itu…

klo ditanya alasannya kenapa, bilangnya emansipasi wanita..katanya girl’s power gitu loh (padahal yg ngomong itu seorang cowok!), alasan ini..alasan itu…

Gw dan beberapa temen gw yg akhirnya ketar-ketir klo suruh ngerjain tugas kelompok, kerjaannya jadi nyuruh ini-itu, ngomel sana-sini klo kerjaan gak beres (dah kayak nenek2 aja, huh..)

Well, ada apa ya dengan cowok-cowok ini? Hey, what’s up man?

Gimana nanti lo jadi pemimpin? Gimana nanti lo buat keputusan?

Gimana nanti lo membina rumah tangga? jadi kepala keluarga buat istri n anak-anak lo?

Gimana nanti lo jadi dokter?…

Hmmm, gw juga tahu sih, klo kita nunjuk orang…selain jari telunjuk yg menghadap ke orang yg ditunjuk, ternyata tiga jari lainnya (jari tengah, manis, dan kelingking) kita menghadap ke diri kita (coba deh praktekin), which means…kita juga harus bercermin ke diri kita ketika ingin memberi nasihat pada orang…jadi, gw ngomong kayak gini juga berarti menasehati diri gw agar lebih berinisiatif dalam berbagai hal…no offense kok, hehehe

Jadi, buat yg ngerasa n tersinggung, gw minta maaf sebesar2nya. Bener deh gak maksud, gw hanya ingin Indonesia lebih baik di masa depan (terutama pemimpin2nya)

Klo lo salah satu tipe cowok ini, berubahlah dari sekarang, bro…masih ada waktu nih, gw juga gak mau nyuruh n ngomel2 mulu klo kerjaan gak kelar (capek lagi). lo juga bakal dinilai plus-plus deh ama temen2 lo, percaya deh..

ayoo semangat berubah!!

(^-^)9

h1

My Friends are Great People!

Jpm7000000pmSat, 12 Jul 2008 13:58:48 +000008 1, 2008

yap, my friends are great people…truly, deeply, honestly that i’m saying so..

Pada suatu kesempatan, gw bertemu temen2 lama gw dalam sebuah reuni…selain itu gw juga berinteraksi dengan mereka lewat YM, milist, sms, atau media sejenisnya..

And, i found that they’re so admirable people!

Baru-baru ini, temen lama gw di itb memenangkan ImagineCup 2008 utk Rural Innovation Award di Paris, wow…bawa pulang 10rb Dollar cing! hehehe, tapi bukan itu sih yg utama, yang penting bagaimana dia sekarang telah melangkah jauh..berprestasi di mata dunia..

temen gw di fkui juga ada yg juara abang none dki jakarta 2008, juara mapres, dapet beasiswa ke luar negeri, atau mewakili Indonesia dalam ajang kontes dunia,

ada juga yg jadi Presiden BEM cewek pertama di ITB.., terus juga ada yg dapet kesempatan ke Belanda buat publikasi penelitiannya, dan berbagai prestasi lainnya yg gak cukup buat gw sebutin disini.

wuiih…serius deh, aku bener2 kagum ama mereka 🙂

Siapapun pasti mempunyai impian semacam itu, tak terkecuali gw..suatu waktu gw juga pingin mengharumkan nama Indonesia lewat prestasi yg gw raih, dapet beasiswa ke luar negeri utk melanjutkan studi, atau berkesempatan mengikuti kontes akademik di tingkat internasional…Hmmm, gw pingin semua itu berasal dari usaha/jerih payah gw..bukan dari duit orang tua. Bagaimanapun, salah satu cita-cita dunia gw adalah membahagiakan ortu lewat prestasi…hehehe, tapi mungkin memang sekarang belum kesampaian, mudah2an Allah memudahkan jalannya, amiin…

That dream is always here,

what i must do are

study hard..pray hard

and always believe that dream will come true..^^

h1

Suatu Ketika

Jpm7000000pmTue, 01 Jul 2008 16:55:38 +000008 1, 2008

Seorang anak laki-laki kecil bertanya kepada ibunya,  “Mengapa engkau menangis?”

“Karena aku seorang wanita”, kata sang ibu kepadanya.
 
“Aku tidak mengerti”, kata anak itu.
 
Ibunya hanya memeluknya dan berkata, “Dan kau tak akan pernah mengerti”
 
Kemudian anak laki-laki itu bertanya kepada ayahnya, “Mengapa ibu suka menangis tanpa alasan?”
 
“Semua wanita menangis tanpa alasan”, hanya itu yang dapat dikatakan oleh ayahnya.
 
Anak laki-laki kecil itu pun lalu tumbuh menjadi seorang laki-laki dewasa, tetap ingin tahu mengapa wanita menangis.
 
Akhirnya ia menghubungi Tuhan, dan ia bertanya, “Tuhan, mengapa wanita begitu mudah menangis?”
Tuhan berkata: “Ketika Aku menciptakan seorang wanita, ia diharuskan untuk menjadi seorang yang istimewa. Aku membuat bahunya cukup kuat untuk menopang dunia; namun, harus cukup lembut untuk memberikan kenyamanan “
 
“Aku memberikannya kekuatan dari dalam untuk mampu melahirkan anak dan menerima penolakan yang seringkali datang dari anak-anaknya “
 
“Aku memberinya kekerasan untuk membuatnya tetap tegar ketika orang-orang lain menyerah, dan mengasuh keluarganya dengan penderitaan dan kelelahan tanpa mengeluh “
 
“Aku memberinya kepekaan untuk mencintai anak-anaknya dalam setiap keadaan, bahkan ketika anaknya bersikap sangat menyakiti hatinya “
 
“Aku memberinya kekuatan untuk mendukung suaminya dalam kegagalannya dan melengkapi dengan tulang rusuk suaminya untuk melindungi hatinya “
 
“Aku memberinya kebijaksanaan untuk mengetahui bahwa seorang suami yang baik takkan pernah menyakiti isterinya, tetapi kadang menguji kekuatannya dan ketetapan hatinya untuk berada disisi suaminya tanpa ragu “
 
“Dan akhirnya, Aku memberinya air mata untuk diteteskan. Ini adalah khusus miliknya untuk digunakan kapan pun ia butuhkan.”
 
“Kau tahu: Kecantikan seorang wanita bukanlah dari pakaian yang dikenakannya, sosok yang ia tampilkan, atau bagaimana ia menyisir rambutnya.”
 
“Kecantikan seorang wanita harus dilihat dari matanya, karena itulah pintu hatinya – tempat dimana cinta itu ada.”
 
 

p/s: ini untuk wanita2 di luar sana…

dari sebuah postingan message..thanks ^^

dedicated to my mom who has beautiful eyes…