h1

Ketemu pasien pertama kali…

Jam9000000amTue, 16 Sep 2008 00:19:33 +000008 1, 2008

Lama gw gak nulis di blog ini, baru sekarang bisa nulis lagi di sela2 pengerjaan setumpuk tugas n makalah gw T-T…

Alhamdulillah, gw sekarang dah masuk kepaniteraan klinik..it means..gw dah resmi jadi co-ass tingkat IV di RSCM..setelah sebelumnya di”sumpah”in sang Dekan FKUI untuk selalu berbuat yang terbaik buat pasien, yah..mirip2 sumpah Hipokrates gitu deh, atau sumpah2 profesi lainnya…gw sempet terharu, di pundak kami ini telah diletakkan suatu tanggung jawab yang cukup besar…

Hari pertama gw di klinik, gw dapet bagian Geriatri, ilmu ttg kesehatan lanjut usia…

di bagian ini gw bakal dapet kuliah, bikin makalah pribadi n kelompok, penelitian, presentasi kasus, jaga malam, stase siang di poli n rawat inap, kunjungan ke panti, rehab medik, psikiatrik, diskusi kasus, sampai follow up pasien rawat inap….kebayang hari2 3 minggu gw ke depan disibukkan kayak gitu..hmm..

abis kuliah yg selesainya jam setengah 4, gw n kelompok gw gak langsung pulang. pasalnya akan dibagiin nama2 pasien untuk kami follow-up, satu orang dapet tanggung jawab satu pasien..gw langsung deg2an, ini pertama kalinya gw ketemu pasien beneran…

Awal gw ketemuan ama keluarga pasien+pasien, alhamdulillah disambut baik..

“Misi Bu, ini saya perkenalkan dokter muda yg nantinya akan membantu pasien ini bersama dng dr.M (nama dokter yg lagi jaga)..” sang dokter senior memperkenalkan gw

“Ya Bu, saya ayu” *memperkenalkan diri dng sengaja tak memberi gelar dokter atau title apapun di depan nama*

“Ohh, dokter ayu ya” sang anak pasien menimpali, gw sendiri jadi bengong

Waduuuh, dalam hati gw merinding disebut dokter, padahal emang baru “dokter muda”..masih bau kencur istilahnya, tapi yah gw berusaha tampil sebaik mungkin aja…bismillah

setelah itu, sebenarnya para co-ass sudah bisa langsung pulang berhubung masih hari pertama. Namun, apa daya ketika salah satu dokter senior menyuruh kami memeriksa TNSP (tekanan darah, nadi, suhu, pernapasan) di ruang rawat inap itu…jadilah kami disana sampe magrib T-T nasib…nasib…

nantikan cerita selanjutnya…

One comment

  1. Dokter muda..dokternya para remaja..
    Yang selalu merasa gagah
    Tek pernah mau mengalah..

    Dokter muda..dokter yang berapi-api
    Yang maunya menang sendiri
    Walau salah tak perduli
    Dokter Muda…

    (Dokter Muda – Rhoma Irama)

    >>> Just KIdding..



Leave a Reply

